Cara Install R Versi Terakhir di Linux Mint 17.x

R

Secara umum ada dua macam kelompok paket software statistik untuk keperluan analisis data, yaitu kelompok software komersil (Propietary) dan kelompok software statistik open source atau freeware. Beberapa contoh software statistik komersil yang popular di Indonesia adalah SPSS, MINITAB, Eviews, SAS, dan Splus. Sedangkan contoh dari freeware statistik antara lain R, Open Stats, SalStat, Vista, dan lain‐lain (lihat http://www.statistics.com/content/freesoft/Azlisting.html).

Software statistik yang komersil mensyaratkan lisensi dengan harga yang relatif sangat mahal untuk ukuran sebagian besar pengguna di Indonesia. Dengan demikian, salah satu alternatif penyelesaian dari mahalnya lisensi tersebut adalah melalui penggunaan freeware statistik, khususnya R.

R ialah suatu program analisis data statistika dan komputasi yang termasuk golongan software Open Source, yang dibangun setelah paket program S-Plus dengan bahasa pemrograman S. Software R pertama kali dikerjakan Robert Gentleman dan Ross Ihaka dari Departemen Statistika Universitas Auckland (1992), penamaan R ini berasal dari nama pembuatnya. Saat ini software R dikembangkan oleh semua penggunanya dalam naungan R-core team yang beranggotakan 20 orang statistisi (http://www.r-project.org/contributors.html).

R merupakan sebuah lingkungan interaktif untuk komputasi secara statistik dan grafik-grafik. R dapat berjalan pada Sistem Operasi Windows, Linux dan Macintosh. Sintaks bahasa R ekivalen dengan paket statistik Splus. Versi R saat ini adalah R-3.2.3. R dapat didownload secara gratis pada http://r-project.org/

Pada server CRAN dapat di download file instalasi biner dan source code dari R base sistem dalam sistem operasi Windows, beberapa jenis distro linux dan Macintosh. Fungsi & kemampuan R dapat diperoleh melalui Add-on packages/ library. Library: kumpulan perintah atau fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tertentu. Contoh, fungsi untuk melakukan Analisis Time Series dapat diperoleh di library ts. Daftar semua library yang tersedia dapat diakses dari link download CRAN di http://cran.r-project.org

sebagai pengguna linux mint ataupun distro linux lainnya, kita lebih senang menginstall aplikasi melalui terminal. Untuk menginstall R di linux mint, buka terminal (Ctrl + Alt + t), masukkan perintah berikut:

echo "deb http://cran.fhcrc.org/bin/linux/ubuntu trusty/" | sudo tee -a /etc/apt/sources.list > /dev/null
sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys E084DAB9
sudo add-apt-repository ppa:marutter/rdev
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade
sudo apt-get install r-base r-base-dev

perintah di atas hanyalah untuk linux mint atapun distro linux lainnya yang merupakan turunan ubuntu 14.04 (trusty), untuk distro turunan ubuntu selain 14.04 harus mengganti code name “trusty” pada perintah di atas.

Semoga bermanfaat

Insya Allah akan berlanjut ke artikel selanjutnya, masalah RStudio

Tinggalkan komentar